Logo Loading

Blog

Benarkah Madu yang di Panaskan Berbahaya Bagi Kesehatan

Benarkah Madu yang di Panaskan Berbahaya Bagi Kesehatan

Halo Sobat Madugeh! Gimana Kabarnya? Semoga selalu sehat yaa. Madugeh Blog kali ini akan membahas Bahaya Madu Yang Dipanaskan nih. Sobat pasti sudah tahu bahwa madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Itu karena madu memiliki sifat obat, yang juga bisa menjadi pengganti gula maupun pemanis buatan.

Madu sendiri dianggap sebagai makanan super yang mengandung berbagai prebiotik, enzim, dan asam amino yang berguna untuk kesehatan. Madu pun punya sifat anti-mikroba yang kuat sehingga berkhasiat sebagai antibiotik alami. Namun di balik segudang manfaatnya, ternyata madu bisa berbahaya jika diolah dengan cara yang salah. Madu yang dipanaskan atau dimasak berpotensi membahayakan kesehatan Sobat.

BACA JUGA: Cara Meningkatkan Penjualan Produk di Marketplace

Berikut adalah beberapa pembahasan mengenai Bahaya Madu yang Dipanaskan. Yuk simak pembahasan berikut.

1. Memasak Madu Baik atau Buruk Bagi Kesehatan

Bahaya Madu yang Dipanaskan

Sobat udah tau belum.. Bahwa efek penyembuhan alami dari madu diperoleh dari bentuk mentahnya lho. Karena itu, memanaskan atau memasaknya bisa merusak kandungan madu secara total karena bisa mengubah senyawanya, yang bisa membahayakan kesehatan.

Menurut National Center for Biotechnology (NCBI), memanaskan atau memasak madu dikontraindikasikan karena menyebabkan efek buruk. Memasak madu juga bisa menurunkan kualitas dan membuat enzim serta nutrisi penting lainnya hilang. Mengonsumsi madu yang dipanaskan berpotensi menimbulkan efek mengigau dan dalam waktu bersamaan bisa berakibat fatal. Memasak madu dengan suhu 40 derajat celsius menyebabkan perubahan kimia negatif yang membuat madu menjadi pahit. Sebab, Panas bisa merusak manfaat madu.

2. Bahaya Madu Jika Dicampurkan Dengan Minuman Hangat

Bahaya Madu yang Dipanaskan

Madu yang dicampurkan ke dalam sesuatu yang hangat sering dipercaya membuat tubuh segar dan bebas dari racun. Jika Sobat masih berkeyakinan seperti itu, ada alasan yang sangat penting agar Sobat berhenti melakukannya sesegera mungkin. Karena apa yang Sobat minum adalah racun.

Hal yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa madu tidak boleh hangat, dimasak, atau dipanaskan dalam kondisi dan bentuk apa pun, yang menunjukkan bahwa madu tidak pernah dipanaskan atau dimasak. Aturan itu juga berlaku untuk setiap madu yang dibeli dari supermarket, karena biasanya dipanaskan di bawah suhu ekstrem hingga bisa membuatnya beracun.

3. Khasiat Madu Bisa Hilang Saat Dipanaskan

Bahaya Madu yang Dipanaskan

Madu mengandung glukosa dan fruktosa tinggi yang mudah diserap usus halus sehingga menyumbang energi secara instan. Selain itu enzim-enzim dan senyawa bioaktif (fenolik) di dalamnya dapat meningkatkan fungsi pencernaan, juga berfungsi sebagai antioksidan, dan antimikroba. Enzim dan senyawa tersebut akan menurun khasiatnya jika madu Sobat panaskan di atas suhu 65° C.

Madu dapat dipanaskan hingga suhu pasteurisasi 70-85 C untuk tujuan pengawetan dan masih mempertahankan komponen bioaktifnya. Namun, pada suhu tersebut enzim dalam madu dapat menjadi tidak aktif lagi. Enzim dalam madu termasuk komponen bioaktif yang membantu proses pencernaan. Jadi, jika ingin mendapatkan manfaat komponen bioaktifnya, tambahkan madu di akhir proses memasak, saat suhu masakan sudah tidak terlalu panas. Atau, gunakan sebagai pelengkap sajian.

Nah, itu dia beberapa pembahasan mengenai Bahaya Madu yang Dipanaskan versi Madugeh Blog Sobat. Semoga pembahasan diatas bermanfaat untuk Sobat yang membaca dan jangan lupa jaga kesehatan.

BACA JUGA: Manfaat Mengonsumsi Madu di Pagi hari dan Malam hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat