Logo Loading

Blog

  • Home

Cara Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu

Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami yang paling banyak digunakan di masyarakat karena manfaatnya, Hypermart Lovers. Untuk kesehatan seperti obat batuk, obat antioksidan, pencegah diabetes dan masih banyak lagi. Madu ini bisa sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Namun, karena kebutuhan yang sangat besar ada saja produk madu palsu yang dijual bebas. Memang cukup sulit untuk melihat dan membedakan madu asli dan madu palsu hanya dari kemasan saja.

Sebelum membahas bagaimana membedakan madu yang asli dan palsu, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu madu. Madu adalah bahan nektar yang didapatkan oleh lebah dari bunga. Nektar yang dikumpulkan di sarang lebah kemudian akan menjalani  pengolahan di dalamnya. Enzim yang dihasilkan oleh lebah akan bercampur dengan nektar, lalu masuk ke proses fermentasi untuk nektar. Kemudian proses menghasilkan madu dan semua cairan dalam madu akan keluar dan tersisa madu murni

1. Meneteskan madu ke dalam air

Cara yang pertama, Hypermart Lovers cukup masukkan satu tetes madu ke dalam air. Jika tetesan madu tersebut tidak tercampur dengan air dan terjatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli atau murni. 

2.  Percobaan korek api

Keaslian madu juga bisa diuji dengan melumuri ujung korek api kayu dengan madu. Kemudian, gesekkan ujung korek api yang sudah dilumuri untuk menyalakannya. Apabila korek api masih bisa menyala setelah dilumuri madu, maka madu yang digunakan adalah madu asli. 

3. Tes kain putih dan kertas blotting

Coba tuangkan satu sendok madu ke atas kain putih atau kertas blotting. Madu palsu cenderung akan menembus kain atau kertas hingga meninggalkan noda. Sementara itu, madu asli tidak menembus kain atau kertas. Noda pun tidak tertinggal.

4. Cek teksturnya

Cara ini cukup mudah, di mana kamu hanya perlu menggoyangkan botolnya dan perhatikan dengan seksama akan tekstur dari madu itu. Apabila madu terlihat bergerak namun dengan gerakan yang lambat, itu berarti madu asli karena teksturnya kental. Berbeda halnya dengan madu palsu, yang biasanya memiliki tekstur cair, dan mudah untuk digoyangkan.

5. Dibekukan dalam freezer

Cara membedakan madu asli dan palsu ini juga paling banyak direkomendasikan di internet, bukan hanya karena praktis namun juga hasilnya terlihat sangat nyata.

Apabila madu tampak cepat membeku setelah dimasukkan beberapa jam ke dalam freezer, berarti madu tersebut sudah tercampur dengan bahan-bahan lainnya.

jadi gimana sobat MaduGeh? Semoga artikel ini dapat membantu kita semua untuk lebih memahami tentang beberapa manfaat madu yaaa.
Jika kalian ingin merasakan secara langsung manfaat-manfaat dari madu, kalian bisa dapatkan melalui website resmi kami madugeh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat