Logo Loading

Blog

Gaya hidup yang menyebabkan diabetes

Gaya hidup yang menyebabkan diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang keberadaannya cukup akrab dengan masyarakat Indonesia. Dipicu oleh kesadaran masyarakat akan kesehatan yang masih rendah, gaya hidup tidak sehat jadi sering dikaitkan dengan penyebab utama penyakit ini. Diabetes merupakan suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin, yaitu hormon pengatur gula darah dalam tubuh.

sangat penting untuk menghindari beberapa gaya hidup tidak sehat yang dapat meningkatkan risiko diabetes. Berikut adalah gaya hidup yang menyebabkan diabetes

1. Banyak makan gula

Makanan yang mengandung gula memang merupakan jenis makanan yang sangat sulit untuk ditolak. Namun, Anda harus hati-hati. Jika dikonsumsi secara berlebihan dalam waktu yang lama, makanan manis bisa jadi penyebab diabetes. Gula juga dapat berpengaruh buruk jika dikonsumsi berlebihan yaitu : Tingkatkan kerusakan hati, Picu lemak di perut, dan Lemahkan kemampuan otak

Madu dapat digunakan sebagai bahan pengganti gula yang sangat baik. Pasalnya, mengonsumsi madu memiliki risiko kenaikan berat badan yang lebih rendah dibandingkan gula.

2. Tidak melakukan aktivitas fisik

Tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membuat tubuh resistan pada insulin sehingga memicu diabetes. 

Terlebih jika terlalu banyak duduk atau tidur, maka akan menyebabkan kerentanan terjadinya penyakit pembuluh darah dan jantung.

3. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Kebiasaan buruk seperti merokok akan berdampak buruk pada elastisitas pembuluh darah. Hal ini akan semakin mudah mencetuskan diabetes atau memperburuk keadaan jika memang sudah terkena sebelumnya. Alkohol dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk kondisi kesehatan bagi yang sudah menderita diabetes.

4. Kadar asam lemak

 kadar asam lemak yang tinggi menjadi penyebab diabetes. Kadar asam lemak yang naik terlalu tinggi dapat meningkatkan produksi insulin yang dapat berujung pada resistensi.

5.  Stres

Tekanan atau stres yang dirasakan juga dapat menjadi pemicu diabetes  saat stres, tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Paparan kortisol dalam waktu lama dikaitkan dengan penurunan sensitivitas insulin.

jadi gimana sobat MaduGeh? Semoga artikel ini dapat membantu kita semua untuk lebih memahami tentang gaya hidup yang menyebabkan diabetes, salah satunya adalah mengkonsumsi gula berlebih sobat bisa mengganti gula dengan madu yaaa.
Jika kalian ingin merasakan secara langsung rasa dan manfaat-manfaat dari madu, kalian bisa dapatkan melalui website resmi kami madugeh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat