Logo Loading

Blog

  • Home

Manfaat Mengkonsumsi Madu di Pagi Hari dan Malam Hari

Manfaat Mengkonsumsi Madu di Pagi Hari dan Malam Hari

Sejak zaman kuno, madu telah digunakan sebagai makanan dan obat. Madu bisa digunakan sebagai pengganti rasa manis gula yang tentunya lebih sehat. Apalagi, banyak yang menyarankan meminum madu sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Sebab, dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Madu dapat menyerap lemak dengan baik, terutama kalau dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu juga memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin, yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah madu.

Selain itu madu memiliki manfaat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas), mengobati batuk dan sakit Tenggorakan, mengurangi kadar glukosa dalam darah dan mengurangi resiko diabetes.

Udah tau belum.. Apa saja sih manfaat mengkonsumsi madu di pagi dan malam hari? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beberapa jenis madu bisa merangsang produksi sel-sel kekebalan dalam tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam madu dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik. 

Nutrisi dalam madu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sebaiknya madu dikonsumsi sebanyak 1 sendok makan setiap hari sebelum tidur ataupun setelah bangun tidur.

2. Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan

Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan

Infeksi saluran pernapasan seperti batuk dan sakit tenggorokan dapat memengaruhi tidur dan mengganggu aktivitas. Obat utama untuk batuk tidak selalu efektif dan dapat memiliki efek samping. Menariknya, mungkin madu adalah pilihan yang lebih baik untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan. 

Salah satu studi menemukan bahwa madu bekerja lebih baik daripada dua obat batuk biasa. Studi lainnya mengatakan bahwa itu mengurangi gejala batuk dan efek mengantuk lebih tinggi daripada obat batuk. 

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Mengurangi Resiko Diabetes
Doctor checking blood sugar level with glucometer. Treatment of diabetes concept.

Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi madu setiap malam sebelum tidur sekitar 1 sendok teh madu. Ini membantu untuk mengobati diabetes karena kadar glukosa darah bisa berkurang. 

Bukti tentang madu dan diabetes beragam. Di satu sisi, madu dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung yang umum pada orang dengan diabetes tipe 2. Sebagai contoh, madu dapat menurunkan kolesterol LDL “jahat”, trigliserida, dan peradangan yang meningkatkan kolesterol HDL “baik”.

Walaupun madu mungkin sedikit lebih baik daripada gula bagi penderita diabetes, madu tetap harus dikonsumsi dengan hati-hati. Faktanya, penderita diabetes dapat melakukan tindakan terbaik dengan meminimalkan semua makanan yang karbohidratnya tinggi.

4. Dapat Membuat Tidur Nyenyak

Dapat Membuat Tidur Nyenyak

Mengonsumsi madu sebelum tidur dipercaya mampu membuat tidur lebih nyenyak. Ini dikarenakan kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil saat kita minum madu sebelum tidur.

Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan kemudian diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta suasana hati yang baik dan tenang juga dapat membuat tidur pulas.

5. Mencegah Penyakit Kanker dan Serangan Jantung

Mencegah Penyakit Kanker dan Serangan Jantung

Madu mengandung asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi dari senyawa-senyawa ini memberi madu kekuatan dalam antioksidannya. 

Menariknya antioksidan dari madu yang tinggi telah dipercaya untuk mencegah risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Madu juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mata.

6. Menjaga Kesehatan kulit

Menjaga Kesehatan kulit

Madu yang kaya antioksidan mampu memberikan kulit sehat. Selain itu sifat antibakteri dan antijamur bisa membuat kulit terhindar dari berbagai gangguan penyakit kulit. Sifat-sifat ini membantu menjaga kulit agar tetap halus dan lembut. Apalagi jika madu dikonsumsi sebelum tidur, maka manfaatnya akan lebih bekerja dengan baik.

Para peneliti percaya bahwa kekuatan penyembuhan madu berasal dari efek antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk menyehatkan jaringan di sekitarnya (jaringan kulit).Terlebih lagi, madu dapat membantu merawat kondisi kulit lainnya, termasuk psoriasis dan lesi herpes.

7. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Salah satu kunci diet adalah menjauhi makanan dan minuman yang megandung gula, terkecuali madu. Rasa manis dalam madu berasal dari komposisi yang berbeda dari gula pada umumnya. Madu bisa membantu proses metabolisme tubuh sehingga cukup ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

Madu ternyata akan membantu membakar lemak dengan lebih cepat dan meningkatkan fungsi hati. Jika mengganti gula dengan madu, itu akan mencegah penambahan berat badan dan menurunkan kadar gula darah serta trigliserida pada saat yang bersamaan.

Nah, itulah penjelasan manfaat mengkonsumsi madu di pagi dan malam hari.

Jadi gimana sobat MaduGeh? Semoga artikel ini dapat membantu kita semua untuk lebih memahami tentang madu yaaa.
Jika kalian ingin merasakan secara langsung rasa dan manfaat-manfaat dari madu murni, kalian bisa dapatkan melalui website resmi kami madugeh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat